-->

  • PIDATO

    Contoh teks pidato sambutan dalam acara Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW.

     Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh

     Hadirin kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.
    Dengan mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Kita bisa hadir di majlis pertemuan ini untuk mendengarkan ceramah agama dalam rangka memperingati isro’ mi’roj Nabi Muhammad SAW. Sebagai orang Islam haruslah mengetahui peristiwa Isro' dan dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. dari Masjidil Haram di Kota Mekkah menuju ke Masjidil Aqsho di Kota Palestina yang ditempuh dalam semalam saja. Semuanya itu adalah kehendak dan irodat Allah SWT. Sekalipun jarak antara kota Mekkah dengan kota Palestina beberapa mil Yang memakan beberapa hari kalau ditempuh dengan kendaraan onta, namun Perjalanan Nabi Muhammad dari kota Mekkah menuju kota Palestina hanya ditempuh semalam saja, kalau bukan orang mu'min tidaklah percaya akan hal Yang demikian itu. Untuk itu dengan adanya Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk menguji keimanan seseorang sampai di mana kadar imannya. Dengan adanya Isro' Mi'roj ini orang yang beriman bertarnbahlah imannya, dan orang kafir bertambahlah kafir.

    Hadirin kaum muslimin muslimat yang kami hormati!
     Dalam perjalanan Isro' Rasulullah dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsho beliau menjumpai beberapa tamsil (perumpamaan) yang pada dasarnya adalah merupakan tamsil dari perilaku umatnya. Diantaranya Allah mempertihatkan kepada Nabi Muhammad SAW. ada sekelompok orang mengetam padi terus menerus tanpa henti-hentinya. SesUdah diketam tumbuh lagi dan begitulah seterusnya. Melihat keadaan yang aneh itu Nabi bertanya kepada Malaikat Jibril yang menemani perjalanan Isro' Rasulullah. Ya Jibril siapakah mereka itu? Jibril menjawab : Mereka itu adalah gambaran umatmu yang gemar bersedekah jariyah/berinfak di jalan Allah. Kelak akan mendapatkan pahala terus menerus tanpa putus-putusnya dari Allah SWT.

    Dengan tamsil itu marilah kita berlomba-lomba mendermakan sebagian harta kita ke jalan Allah, sisihkan sebagian harta kita itu untuk membela agama Allah, mensiarkan agama Islam di persada bumi ini niscaya kita akan diberi pahala Allah dengan pahala ,yang sebanyak-banyaknya kelak diakhirat, Dan masih banyak lagi tamsil tamsil yang diberlkan kepada Nabi Muhammad sewaktu beliau Isro' yang ditemani Oleh malaikat Jibril.

    Hadirin sekalian yang berbahagia!
     Tujuan Rasulullah SAW. di isroi mi'rojkan oleh Allah SWT. tidak hanya memberikan tamsil-tamsil tersebut di atas, akan tetapi Nabi Muhammad SAW., diisro' mitojkan Oleh Allah SWT. sampai ke Sidratul Muntaha, adalah beliau menghadap Allah untuk menerima perintah sholat yang harus dikerjakan Oleh beliau sendiri dan umatnya dalam sehari semalam lima kali. Kewajiban sholat ini adalah hak paten dari Allah yang tidak boleh ditawar lagi, siapa yang mengaku orang Islam dan sudah baligh maka orang itu harus kewajiban mengerjakan dan menegakkan sholat dimana saja dan dalam keadaan susah atau gembira sendiri atau berkurnpul dengan orang banyak. Untuk itu dengan memperingati Isro' Mi'roj ini, marilah kita tingkatkan kesadaran kita dalam beragama Islam, terutama mengenai bah sholal ini, sebab sholat itu adalah merupakan tiang agama, kalau sholatnya bobrok atau rusak, maka rusaklah sendi-sendi yang Lainnya dan shoiat itu pula kelak diakhirat amalan yang pertama kali akan dipertanyakan dan dimintai pertanggung jawaban oleh ALLAH SWT.

     Hadirin sekatian yang berbahagia!
     Demikian sambutan dari kami dalam rangka memperingati Isro' Mi'roj Nabi Besar Muhammad SAW Mudah-mudahan ada guna dan manfaatnya bagi kita semua, khususnya bagi diri pribadi saya sendiri. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kesalahannya.

     Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Sekian update hari ini silahkan share,comment,dan kalian bisa ikuti G+ saya untuk mengetahui update selanjutnya.  
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.